login

APA YANG DIMAKSUD DENGAN DVD ?

Yang dimaksud dengan DVD ?
Pertama-tama, ada baiknya jika kita telah sedikit apa sebenarnya yang dimaksud dengan DVD. DVD berasal dari kata Digital Versatile Disc. Sesuai dengan namanya DVD merupakan sebuah media penyimpanan digital yang isinya sangat variatif.. Bentuknya sangat mirip dengan CD.Bedanya DVD dapat memainkan film, audio lebih baik dan dengan data lebih banyak dan proses yang lebih cepat dibandingkan CD

Apa saja yang mampu dilakukan oleh DVD ?
* DVD mampu memainkan video digital dengan kualitas yang sangat tinggi selama 2 jam penuh. Bahkan untuk satu keping dual- layer, double-sided mampu memainkan video digital dengan kualitas yang sama selama 8 jam penuh. Semua ini setara dengan 30 jam video dalam kulitas VHS.
* DVD juga mendukung film yang menggunakan layar widescreen (yang berasio 4:3 dan 16:9).
* DVD mampu memberikan on-screen menu dan interactif fitur
* Rewind dan Foward yang lebih instant. Atau bahkan memilih lewat chapter dan waktu (time code).
* DVD lebih tahan lama dari CD, sebab data dalam DVD tidak semudah rusak data dalam CD. Selain itu DVD juga lebih tahan terhadap panas.

Bagaimana dengan kualitas DVD Video
DVD yang sebenarnya adalah menggunakan format MPEG-2. Baik gambar maupun suara yang dihasilkan oleh format ini jauh lebih baik dari CD ataupun VHS. Namun sayangnya untuk menghemat biaya produksi kadang bukan format MPEG-2 yang diperoleh melainkan format MPEG-1. Format MPEG-1 memiliki kualitas yang tidak sebanding dengan MPEG-2. kualitas MPEG-1 sama mirip dengan VHS Kualitas Audio yang dimiliki oleh DVD juga berkualitas tinggi. Pada DVD Video, file audio tidak menjadi satu dengan file gambar. Dan kualitas audio yang dimiliki oleh audio pada DVD video sama dengan kualitas yang ada pada ruang teater, yaitu multichannel surround sound menggunakan Dolby Digital. Atau DTS.

Kualitas suara DVD
Pada dasarnya semua DVD yang Anda beli pasti menggunakan Digital Audio sebagai outputnya. Digital Audio yang sangat umum digunakan oleh DVD adalah Dolby Digital dan PCM Stereo. Dan ada juga beberapa DVD yang memberikan fitur DTS (Digital Theater System) yang mampu mendukung system audio dengan channel suara 7.1. Berbeda dengan Dolby Surround, meksipun keduanya dapat mensupport channel suara 5.1, pada Dolby Surround channel hanya akan terdapat 2 sinyal untuk channel. Yaitu depan dan belakang. Maka channel yang digunakan dengan samping akan bergabung dengan channel belakang. Berbeda dengan Dolby Digital yang akan menangani setiap channel secara sendiri-sendiri. Oleh sebab itu suara yang dihasilkan DVD lebih baik dari VCD.

Apa jadinya jika kepingan DVD yang tergores ?

DVD menggunakan sistem error correction yang jauh lebih baik dari CD oleh sebab itu jika DVD terluka gores, maka data dalam DVD belum tentu menjadi rusak. Meskipun jika dibandingkan CD, data yang terancam dalam sebuah DVD akan lebih banyak dalam untuk setiap goresan yang sama. Namun sistem koreksi yang dimiliki oleh DVD akan membuatnya lebih mampu bertahan dibanding CD terhadap gangguan goresan. Namun seandainya goresan atau luka pada DVD tersebut sudah sangat parah, maka hal yang terjadi adalah pada saat film diputar, Anda akan mendapatkan beberapa bagian yang tersendat. Lompati saja bagian atau scene tersebut. Maka ada kemungkinan besar film akan berjalan dengan baik kembali. Namun di masa yang akan datang DVD Player akan mampu menutupi kerusakan-kerusakan video yang mengganggu ini.

Merawat dan membersihkan DVD
Membersihkan DVD sama halnya dengan membersihkan CD, begitu pula halnya dalam merawat DVD. Ada baiknya jika Anda tidak menyentuh permukaan data (bagian bawah) dengan tangan yang kotor atau berminyak. Dan apabila terlanjur ada baretan pada permukaan DVD, maka sebaiknya DVD tersebut Anda poles dengan pemoles khusus dan dengan bahan pakaian yang halus (khusus) serta gerakan memutar. Sedangkan untuk playernya sendiri tidak perlu terlalu khawatir, mengingat sirkulasi udara dalam DVD Player sangat baik. Namun jika Anda tetap ingin membersihkannya, Anda dapat menggunakan bantuan sebuah DVD Cleaner seperti yang biasa digunakan pada CD Player. Perlu diingatkan bahwa CD dengan DVD memiliki perbedaan laser, sehingga ada baiknya jika tidak menggunakan CD Cleaner untuk tidak menggunakan CD Cleaner untuk DVD Player Anda.

Format Video
VCD PAL = MPEG 1 resolusi 352 X 288 25 fps ( 25 frame per second ) bitrate 1150 kbps ( 1150 kilo byte per second )
VCD NTSC = MPEG 1 resolusi 352 X 240 29,97 fps ( 29,97 frame per second ) bitrate 1150 kbps ( 1150 kilo byte per second )
DVD PAL = MPEG 2 resolusi 720 X 576 25 fps ( 25 frame per second ) bitrate 6000 kbps ( 6000 kilo byte per second )
DVD NTSC = MPEG 2 resolusi 720 X 480 29,97 fps ( 29,97 frame per second ) bitrate 6000 kbps ( 1150 kilo byte per second )

SATUHATI arts production
Sumber : Fadilla Mutiarawati / PC Media
Prev Prev Prev
Design by Abdul Munir Visit Original Post Islamic2 Template